banner 1080x1921
banner 1080x1921
SirimauPos

IKAPATTI Gelar Kursus Bahasa Inggris, Para Alumni Merasa Bersyukur

Ambon, Sirimaupos.com – Para Alumni Unpatti Ini Merasa Bersyukur Bisa Ikut Kursus Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh DPP Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATI) bekerja sama dengan Laboratoriun Bahasa Universitas Pattimura.

Sebelumnya IKAPATTI melakukan pembukaan pendaftaran bagi para alumni untuk.mengikuti kursus yang diselenggarakan selama 1 bulan yang diharapkan dapat membantu alumni untuk bersaing dengan lulusan universitas lainnya dalam.dunia kerja.

SirimauPos

 “Bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh perusahan-perusahaan berskala internasional,” kata Ketua Hariam Ikapatti DR Ruslan HS Tawary, MSi saat menyaksikan penandatanganan komitmen para alumni untuk mengikuti kursus hingga selesai.

Sebelumnya, DPP IKAPATTI menggelar pelatihan Computer Assisted Test (CAT) bagi 600 alumni Unpatti yang ingin mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kali ini, sebanyak 20 alumni mendaftar untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris selama 1 bulan.

“Hari ini, DPP IKAPATTI, kembali berupaya memberikan kontribusi dengan menyiapkan generasi muda Maluku, khususnya para alumni Unpatti, memasuki dunia kerja dengan menggelar kursus Bahasa Inggris,”kata Tawary, kepada awak media di Sekretariat DPP IKAPATTI, Rabu (30/8/2023).

Hadir pada kesempatan itu, para alumni yang mendaftar mengikuti kursus Bahasa Inggris.

SirimauPos

Dosen Fakultas Perikanan Unpatti ini mengaku, selama ini ada beberapa industri berskala internasional baik di luar negeri maupun beroperasi di dalam negeri, hanya menerima beberapa alumni bekerja.”Memang kelemahan para alumni Unpatti, yakni kemampuan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di sejumlah industri di Kota Batam maupun di provinsi lain. Itu yang membuat para alumni Unpatti kesulitan dalam persaingan di bursa kerja,”terangnya.

Atas dasar itu, lanjut dia, pihaknya berinisiatif menggelar kursus Bahasa Inggris bagi para alumni Unpatti dengan bekerjasama dengan laboratorium bahasa Unpatti

Kursus dilakukan selama 1 bulan. Melibatkan labtatorium bahasa Unpatti. Mereka yang jadi tim pengajar. Semua akomodasi kursus bahasa Inggris dibiayai IKAPATTI. Saudara hanya mengikuti kursus. Makanya, IKAPATTI minta saudara anda tangan surat pernyataan agar ikuti kursus hingga selesai. Kalau tidak bersedia kembalikan anggaran,”tegasnya.

Untuk itu, akademisi bergelar Doktor itu, mengaku, sejak dibuka pendaftaran 1 Agustus hingga 15 Agustus 2023, sebanyak 20 alumni mendaftar.”Dari 20 alumni yang mendaftar, sebanyak 10 orang yang lolos seleksi. Sementara 10 orang lainya tidak lolos karena tidak hadir saat interviu,”jelasnya.

Dia berharap, setelah para alumni mengikuti kursus Bahasa Inggris, mereka terserap di industri yang beroperasi di Indonesia.”Kita berharap, para alumni dapat mengikuti kursus dengan baik. Ini agar mereka terserap di sejumlah industri yang beroperasi di Batam dan Jakarta,”harapnya.

Para alumni selama ini kesulitan dalam ber Bahasa Inggris, karena selama kuliah mata kuliah bahasa Inggris di fakultas durasinya sangat pendek.”Makanya, kita gelar kursus bahasa Inggris. Bagaimana alumni terserap di pasar internasional. Intinya bagaimana mereka mengerti bahasa Inggris di dunia kerja.Tentunya bahasa Inggris bukan bahasa pengantar. Tetapi sangat diperlukan sebagai standar komunikasi untuk perusahan berskala internasional (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi !