banner 1080x1921
banner 1080x1921
SirimauPos

Dies Natalis ke-39, Universitas Terbuka Raih Lagi 3 Rekor MURI

Ambon, SirimauposUniversitas Terbuka (UT) mendapat kado manis pada ulang tahun ke-39 tanggal 4 September 2023. Hadiah tersebut adalah penghargaan 3 (tiga) Rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Dengan demikian sudah 9 (sembilan) Rekor MURI yang diperoleh UT sejak tahun 2021 lalu.

Pada tahun 2023 ini, tiga Rekor MURI yang diraih UT meliputi: Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara Terbanyak (51 Negara), Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak (468.847 Peserta Ujian), 3) Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak (2.026.843 Eksemplar). Penghargaan pada tahun 2023 ini diberikan oleh Direktur MURI mewakili Pendiri MURI Jaya Suprana pada Acara Puncak Dies Natalis UT ke-39 yang digelar di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dan dihadiri para pimpinan UT, Ketua Senat, Ketua Majelis Wali Amanat dan seluruh pegawai UT Pusat. Sementara pegawai di UT Daerah termasuk UT Ambon, mahasiswa UT, peserta Disporseni Nasional UT 2023, dan masyarakat umum mengikuti acara puncak melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube UT-TV.

SirimauPos

Menurut Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori, Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi pelopor sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh terus berbenah agar tetap menjadi pionir dan makin kokoh dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh. “Universitas Terbuka tidak hanya harus menjadi yang pertama, tetapi juga selalu menjadi yang terbaik dalam pengembangan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Di saat pandemi melanda, UT juga melebarkan sayapnya berperan serta membantu perguruan tinggi lain yang merasakan dampak besar sistem perkuliahan tatap muka akibat pandemi. UT semakin dilirik dan diminati kaum Milenial dan Gen Z yang memiliki literasi ICT yang lebih baik,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-39 UT telah dimulai sejak 30 Mei 2023 lalu dengan Tema yang diangkat kali ini adalah “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju”. Kegiatan melibatkan seluruh civitas akademika termasuk para mahasiswa dan seluruh pegawai untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba-lomba di Disporseni Nasional, serta kegiatan lain seperti pelaksanaan seminar hingga pengukuhan Guru Besar. Acara Puncak Dies ke-39 UT juga dihadiri oleh Para Rektor UT terdahulu (Prof. Dr. Bambang Sutjiatmo – Rektor ke-3 UT Periode 1996-2001, Prof. Atwi Suparman. M.Sc. – Rektor ke 4 UT Periode 2001 sd 2009, Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. – Rektor ke-5 UT Periode 2009-2017, para Wakil Rektor UT terdahulu, beberapa pemenang Lomba Disporseni Nasional UT 2023, serta para pimpinan mitra kerja sama UT.

Dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-39,UT mengenalkan tampilan baru Website UT (http://www.ut.ac.id)yang lebih kekinian dan fresh look dengan tujuan dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap keunggulan (selling point) UT. Selain itu UT juga meluncurkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan e-Asset dengan harapan masyarakat dan pegawai UT lebih mendapatkan layanan dansistem informasi hukum dan aset-aset UT yang lebih up to date dan komprehensif. Kemudian setiap Dies NatalisUT selalu ditandai dengan peluncuran buku. Pada Dies Natalis ke- tahun 2023 ini, UT meluncurkan beberapa buku antara lain:

  1. Buku Quality Assurance of Blended & Online Learning: Standards and Implementation(Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.)
  2. Buku Pendidikan IPS: Konstruktivistik dan Transformatif (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi)
  3. Buku Dosen (Bu Fatmawati dan Pak Zaidin, UT Makassar)
  4. Buku Universitas Terbuka, 39 th Bertransformasi (Try Harijono)
  5. Buku Berbekal Doa Emak, Anak Desa Meraih Mimpi (Tri Harijono)

Terkait dengan peluncuran buku Biografi Rektor tersebut, Prof. Ojat Darojat menghadirkan Bapak Ibunya untuk berterima kasih khususnya kepada Ibu atau Emak, yang selama ini terus berdoa juga menanamkan karakter daya juang dalam menggapai pendidikan yang setinggi mungkin. Pada momen tersebut Pak Rektor pun menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Kompas dan Gramedia dengan foto bersama dengan Direktur PT. Gramedia yang telah membantu memperlancar proses sunting dan cetak khususnya untuk Buku Biografi Rektor Berbekal Doa Emak dan Buku Universitas Terbuka 39 th bertransformasi.

SirimauPos

Hal lain dari acara Puncak Dies ke-39 UT Tahun 2023 ini adalah agenda penyampaian bentuk penghargaan UT kepada mitra terbaiknya yaitu:

  1. “Citra Paramesti” kepada Irjen Pol, Midi Siswoko, S.I.K, (Kapolda Maluku Utara) sebagai Mitra Individu Terbaik dari UT Ternate. Paramesti berarti orang yang bediri paling depan dalam bahasa Sansekerta. Penghargaan ini diberikan kepada individu di luar lingkungan Universitas Terbuka yang terus berdiri paling depan memperkenalkan dan memberikan dukungan kepada UT.
  1. “Citra Saghatana” kepada PT. Arutmin Indonesia Tambang Satui sebagai Mitra Lembaga/Institusi Terbaik dari UT Banjarmasin. Saghatana berarti organisasi dalam bahasa Sansekerta. Penghargaan ini diberikan kepada organisasi, lembaga, instansi pemerintah, dan swasta yang memberikan dukungan luar biasa kepada Universitas Terbuka.
  1. “Citra Pararta” kepada Media Tribun Network sebagai Media Massa Terbaik. Pararta berarti berita dalam bahasa Sansekerta yang Penghargaan ini diberikan kepada media massa yang mewartakan citra positif Universitas Terbuka dari sisi kuantitas dan kualitas. (*)
SirimauPos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi !