banner 1080x1921
banner 1080x1921
SirimauPos

Sefleksibel Itukah Ujian di UT? Ternyata Bisa dari Rumah!  

Ambon, Sirimaupos.com – Fleksibilitas dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh yang salah satunya meliputi online learning di Universitas Terbuka (UT) tidak hanya sekedar jargon semata. Semua proses pembelajaran bisa dilakukan cukup dari rumah dengan hanya menjentikkan jari. Bahkan sering timbul rumor tak sedap bagaimana mungkin seorang mahasiswa UT yang tidak terlihat aktivitas kuliah ke luar rumah tapi tiba-tiba dalam sekian tahun sudah jadi seorang sarjana.

Nah, sejatinya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia ini, memang mulai dari proses admisi, registrasi, perkuliahan/tutorial, hingga ujian akhir semester (UAS) pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Gen Z ataupun Milenial yang kadang disebut kaum rebahan bisa melihat salah satu buktinya yaitu sejak tanggal 5-9 Januari 2024, sebagian mahasiswa UT Ambon yang tersebar se-Provinsi Maluku mengikuti UAS dalam skema ujian online Remote Proctoring. Termasuk juga mereka yang saat ini sedang berada di luar wilayah Maluku karena suatu hal. Para mahasiswa bisa mengikuti ujian dari rumah, kantor, atau dari manapun sepanjang masih di Planet Bumi dan ada koneksi internet.

SirimauPos

Salah satu public figure yang mengikuti jenis ujian ini adalah gitaris grup musik legendaris Slank, Ridho Hafiedz (Ridho Slank). Pria berdarah Maluku ini tercatat sebagai mahasiswa Prodi S1 Pariwisata UT Ambon. Aktivitasnya yang padat membuat dia tidak bisa mengikuti skema ujian reguler yang sudah ditentukan sebelumnya. Kesibukan berkarir dan melakukan tour keliling Indonesia bersama Slank membuat Ridho pada semester 2023/2024 Ganjil tidak bisa mengikuti ujian dengan skema Tatap Muka maupun Ujian Online Reguler yang mengharuskan datang ke lokasi ujian. Alternatif penggantinya adalah mengikuti ujian skema Online Remote Proctoring. Ridho mengikuti ujian pada tanggal 8 dan 9 Januari 2024 dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Untuk mengikuti jenis ujian ini diperlukan adanya koneksi internet, ditambah laptop atau PC, plus satu perangkat gadget seperti Handphone berkamera yang terhubung ke aplikasi Microsoft Teams. Handphone tersebut menjadi sarana bagi pengawas ujian secara virtual untuk memastikan peserta ujian mematuhi tata tertib, serta memberikan instruksi  kepada para peserta selama mengikuti ujian tersebut.

Kemudahan yang diberikan oleh UT ini tentunya sangat membantu para mahasiswa yang terkendala mengikuti ujian secara reguler sesuai jadwal semula. Satu fleksibilitas yang difasilitasi oleh UT dan tentunya hanya ada di UT. Untuk informasi tambahan, saat ini UT Ambon telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2023/2024 Genap hingga tanggal 20 Februari 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C). Sedangkan untuk jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atau yang biasa dikenal dengan istilah Alih Kredit, proses Admisi dibuka hingga 31 Januari 2024.  Berbagai Program Studi tersebar di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Sekolah Pascasarjana. Termasuk salah satu Prodi terbaru yang dibuka adalah S1 Pendidikan Agama Islam dan S1 Perpajakan. Info lebih lanjut terkait Program Studi di UT Ambon bisa disimak di laman ambon.ut.ac.id sedangkan pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa secara online melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi !