banner 1080x1921
banner 1080x1921
SirimauPos

Wujudkan Ambon Bersih, UT Ambon Sumbang Pinbox Kepada Pemkot

Ambon, Sirimaupos.com- Permasalahan penanganan sampah menjadi salah satu hal yang sering terjadi di wilayah perkotaan. Terkait hal tersebut, upaya menciptakan Kota Ambon yang bersih memerlukan sinergi berbagai pihak tidak hanya dari pemerintah saja. Misalnya saja dengan penyediaan Pinbox khusus untuk sampah atau limbah plastik. Saat ini di Jalan Pattimura Kota Ambon terdapat dua pinbox, dimana salah satunya merupakan kontribusi dari Universitas Terbuka (UT) Ambon. Sementara satu lagi disumbangkan oleh Telkom Maluku.

Peresmian penggunaan pinbox tersebut dilakukan Sabtu malam lalu (7/10) di Jalan Pattimura Ambon. Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena. Bodewin sangat merespons baik apa yang dilakukan oleh UT Ambon bersama dengan elemen lainnya dalam penyediaan pinbox tersebut. “Pemerintah Kota sangat menyambut baik semua upaya yang dilakukan untuk memajukan Kota Ambon. Termasuk dalam menciptakan Kota Ambon yang semakin bersih. Begitu juga dengan kegiatan yang dilakukan malam ini di Jalan Pattimura,” katanya.

SirimauPos

Selain peresmian penggunaan pinbox, Walikota juga meresmikan dimulainya event Pattimura Street Performance. Event yang juga didukung oleh UT Ambon ini mengambil konsep mengembangkan kawasan Jalan Pattimura nantinya menjadi wadah bagi penggiat seni, UMKM, dan memberikan hiburan yang terjangkau bagi masyarakat. Konsep serupa yang sudah diterapkan di beberapa kota lainnya misalnya Jalan Malioboro di Yogyakarta ataupun Jalan Braga di  Kota Bandung. “Pemerintah Kota Ambon tidak bisa bergerak sendiri. Untuk membangun ekonomi kreatif sangat membutuhkan partisipasi dari semua komponen masyarakat. Nantinya Pemerintah Kota Ambon yang memfasilitasi,” ucap Bodewin.

Untuk sekedar diketahui, event Pattimura Street Performance digelar oleh Komunitas Pintu Kota Kita bekerjasama dengan Universitas Terbuka Ambon, Telkom Maluku, dan Swissbell Hotel.

Sementara Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori mengatakan, pihaknya sangat mendukung penuh salah satu kebijakan prioritas Pj Walikota Ambon yaitu mewujudkan Kota Ambon yang bersih. “Kami mencoba berkontribusi dalam hal penyediaan tempat sampah khusus plastik yaitu Pinbox. Nantinya diharapkan pengelolaan sampah plastik bisa lebih baik dan memiliki nilai tambah. Hal ini juga sejalan dengan upaya Pak  Walikota dalam pengelolaan sampah dengan 3K (Konsep, Kolaborasi dan Konsistensi). Inilah wujud kolaborasi dari kami dengan Pemkot Ambon,“ urainya.

Sementara itu, Yuli menambahkan saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk Program Magister dan Doktor hingga 1 November 2023 mendatang. Sedangkan pendaftaran mahasiswa baru untuk Program Diploma dan Sarjana semester 2023 Genap akan dibuka mulai tanggal 17 Oktober 2023 mendatang. Pendaftaran secara online bisa melalui www.sia.ut.ac.id atau bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Lateri, Kota Ambon. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi !