banner 1080x1921
banner 1080x1921

SirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPos

Unpatti Sport Center, Sebuah Laboratorium Olahraga di Maluku yang Berstandar Internasional

Ambon, Sirimaupos.com – Unpatti Sport Center merupakan sebuah ide dan gagasan brilian dari seorang Wakil Rektor IV Universitas Pattimura, DR Ruslan Tawary, SPi,MSi karena bukan saja bertujuan untuk mengembangkan program studi Pendidikan Jasmani (Penjas), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, tetapi lebih jauh dirinya merupakan salah satu pemikir tentang bagaiman membangkitkan embrio-embrio yang melahirkan atlit-atlit yang berkualitas di Maluku.

Unpatti Sport Center yang baru dilakukan peletakan batu pertama oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesa (RI) Bahlil Lahadalia pada Senin (7/10/2024) lalu merupakan sebuah inovasi dalam bidang pendidikan olahraga di Unpatti yaitu sebagai sebuah laboratorium olahraga yang berstandar Internasional dimana fasilitas ini sangat berguna bagi tempat praktek para mahasiswa program studi Pendidkkan Jasmani,

“Fasilitas ini, adalah fasilitas mata kuliah yang juga merupakan investasi bagi Unpatti, sehingga bisa digunakan untuk event-event olahraga di Maluku, karena Unpatti Sport Center ini dibangun dengan standar Internasional,” kata Wakil Rektor IV Unpatti, DR Ruslan Tawary, SPi, MSi Ketika dijumpai di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah dan Seminar Nasional KAHMI Maluku yang digelar di Kairatu Beach SBB, Kamis (10/10/2024) lalu.

Tawari mengatakan, sport center atau pusat olahraga Unpatti itu akan dibangun dua lantai yang berukuran besar dan berstandar internasional dilengkapi fasilitas kolam renang, lapangan futsal, voly, badminton, basket dan lainnya.

“Gedung sport center tak hanya akan digunakan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Tapi juga akan dijadikan sebagai fasilitas pembinaan olahraha generasi muda Maluku,” ungkapnya.

Dengan pembangunan gedung tersebut pihaknya juga akan merevitalisasi stadion sepak bola Unpatti menjadikannya sebagai pusat pengembangan tenaga-tenaga pelatih, wasit dan juga sebagai pusat penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

Awalnya, nama Unpatti Sport Center akan diberi nama Lahadalia Sprot Center karena mengingat jasa besarnya dalam membantu Unpatti untuk pendanaan namun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesa (RI) Bahlil Lahadalia menolak namanya dipakai untuk gedung olahraga Unpatti dan menggatinya dengan memberikan nama rektor pertama di kampus itu yakni Prof Lestaluhu Sport Center atau GOR Prof Lestaluhu.

“Dalam rangka mengenang para pendahulu dan sesepuh, alangkah lebih baiknya harus menggunakan nama tokoh yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua yakni rektor pertama Unpatti Prof Lestaluhu,” kata Bahlil Lahdalia saat peletakan batu pertama pembangunan sport center di Ambon

Menurut Bahlil pemberian nama tersebut bermakna sebagai wujud penghormatan dan keberlanjutan cita-cita para pendahulu dalam membangun ekosistem pendidikan tinggi di Maluku.

Namun sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan gedung olahraga tersebut Bahlil menegasan bahwa dirinya akan membantu memperjuangkan pembiayaannya melalui fraksi partai Golkar di komisi X DPR-RI agar pembangunan gedung itu cepat terealisasi dan rampung pada waktunya.

Pembangunan Lestaluhu Sport Center itu, kata Bahlil, menjadi upaya Unpatti dalam melahirkan atlet-atlet berprestasi dan berkualitas.(*)



SirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi !