banner 1080x1921
banner 1080x1921

Persiapkan Alumni Unpatti Hadapi Tes CPNS, IKAPATTI Kembali Gelar CAT

Ambon, Sirimaupos.com. Dewan Pimpinan Pusat DPP Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI) menggelar pelatihan Computer Assisted Test (CAT) untuk para alumni.

SirimauPos

CAT adalah sebuah sistem seleksi yang menggunakan alat bantu komputer untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.

CAT digunakan dalam seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang didesain agar mudah dioperasikan, dengan peserta yang hanya perlu mengklik dengan mouse untuk memilih jawaban yang benar.
CAT dapat membantu mengurangi kecurangan dengan pengawasan yang optimal, mulai dari CCTV hingga pengawas ujian sehingga peserta juga dapat langsung mengetahui nilai akhir tes setelah selesai mengerjakan.

Proses ujian dengan CAT dapat dipantau oleh semua pihak, dengan pergerakan nilai dari awal pengerjaan sampai dengan selesai dapat diikuti dan jawaban peserta dapat dilacak. 

Namun tak dapat disangkal bahwa banyak peserta tes CPNS masih kesulitan dalam penggunaan metode CAT karena tidak terbiasa sehingga DPP IKAPATTI selama dua tahun berturut-turut membantu alumni mahasiswa Universitas Pattimura dalam pelatihan CAT bagi para peserta CPNS.

Untuk tahun 2023, tercatat ada 1300 alumni mahasiswa Unpatti yang mengikuti pelatihan CAT dan dari hasil evaluasi yang dilakukan terhadap jumlah peserta CPNS yang lolos tes tahun 2024 untuk  alumni Unpatti, ternyata  hampir 80 persen mereka yang lulus tersebut mengikuti pelatihan CAT di DPP IKAPATTI.

Kegiatan pelatihan CAT kembali digelar DPP IKAPATTI di auditorium Fakultas Peranian, Rabu (21/8/2024) yang diikuti oleh sedikitnya 300 peserta alumni.

Sekjen IKAPATTI, Dr Agus Uffie, M.Pd saat membuka kegiatan CAT di auditorium Fakuktas Pertanian Unpatti mengemukakan bahwa untuk tahun pertama 2023 lalu ada 1300 alumni yang mengikuti pelatihan CAT yang dilakukan oleh DPP IKAPATTI walaupun tahun kemarin kuota PNS terbatas.

Sementara untuk tahun ini jumlah peserta hanya berkisar 300 orang padahal kuota CPNS untuk Maluku tahun 2024 lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Adapun kuota CPNS tahun 2024 dapat dilihat pada link dibawah ini.

  1. Kementerian Agama: casn.kemenag.go.id
  2. Komisi Pemberantasan Korupsi: rekrutmen.kpk.go.id
  3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: cpns.kemenkumham.go.id
  4. Kementerian Perhubungan: cpns.dephub.go.id
  5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral: casn.esdm.go.id
  6. Mahkamah Agung: rekrutmen.mahkamahagung.go.id
  7. Kejaksaan RI: biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns
  8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: cpns.kemdikbud.go.id
  9. Kementerian Pertanian: casn.pertanian.go.id
  10. Badan Riset dan Inovasi Nasional: casn.brin.go.id
  11. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan: casn.menlhk.go.id
  12. Kementerian Kesehatan: casn.kemkes.go.id
  13. Badan Pengawas Obat dan Makanan: casn.pom.go.id

Uffie mengemukakan bahwa semua biaya dari pelatihan CAT ini berasal dari DPP IKAPATTI dimana salah satu sumber pendanaan IKAPATTI adalah dari iuran alumni yang dibayarkan oleh alumni.

“Jadi diharapkan para alumni dapat mengikutinya dengan baik dan serius sehingga bisa lulus dalam tes CPNS nanti. Ini dana yang berasal dari iuran alumni dan dikembalikan dalam bentuk kegiatan seperti begini,” katanya.

Mantan Wakil Rektor 2 Unpatti Prof Dr Yance Tjibtabudi merupakan nara sumber utama dalam pelatihan CAT itu.

Memulai pelathan CAT, Tjibtabudi mengemukakan kalau dalam tes CPNS dengan sistim CAT ini maka bukan kepintaran yang dibutuhksn untuk menyelesaikan soal-soal tetapi yang diutamakan adalah trik dalam menjawab dan ketepatan waktu untuk menjawab.

Dirinya berharap dengan pelatihan CAT bagi alumni yang akan mengikuti tes CPNS diharapksn para bisa menambah wawasan dan menggunakan trik yang benar untuk mengumpulkan banyak poin sehingga busa lulus nanti.

Pelatihan CAT ini digelar dari pagi hingga selesai sore hari, sementara DPP IKAPATTI juga dalam akan melakukan pelatihan yang sama untuk daerah-daerah di luar kota Ambon seperti Maluku Tengah, SBB, Tual, Buru dan KKT. Ini dimaksudkan agar peltihan ini bukan saja bisa diikuti oleh para alumi yang berdomisili di Kota Ambon akan tetapi bisa diikuti oleh para alumi dari luar Kota Ambon. (monty)

 

 

SirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPosSirimauPos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi !